Prioritas Pengembangan Pasar Padang Luar, Agam.

Padang Luar, Padek— Setelah sempat terkatung-katung sejak beberapa tahun lalu, akhirnya pengembangan dan revitalisasi Pasar Nagari Padang Luar Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam mendapat prioritas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam. Direncanakan dalam minggu ini, Bupati Agam Aristo Munandar berjanji membentuk kepanitiaan pembangunan pasar itu secara utuh dengan melibatkan seluruh instansi terkait.

”Pembicaraan ke arah itu, memang sudah lama kita bicarakan. Namun semuanya mentok ketika persoalan itu dibahas dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Artinya, kita bukan bermaksud untuk memperlambat pembangunan dan revitalisasi pasar tersebut,” jelas Aristo Munandar ketika pelantikan dan pengukuhan pejabat Wali Nagari Padang Luar, di aula Masjid Jamik Padang Luar, Selasa (16/9).

Dalam kesempatan itu, Aristo langsung mengukuhkan pejabat Wali Nagari Padang Luar, Nasrul St Bandaro Sati. Ia menggantikan pejabat lama Jufri Arief St Bagindo yang diangkat menjadi pengawai negeri sipil (PNS).

Hadir dalam pelantikan ini, tokoh masyarakat Padang Luar yang juga anggota DPRD Sumbar Rafdinal, anggota DPRD Agam, Hasnul Fikri, Ardinal, Zakiruddin, Ketua Bamus Padang Luar Eryandi Rai, dan undangan lainnya.

”Saat ini kita bisa sedikit leluasa membicarakan itu, menyusul mulai membuka dirinya PT KAI menyelesaikan masalah ini. Untuk tahap awal kita akan menyiapkan kerja sama operasi (KSO) antara PT KAI dengan Pemkab Agam. Setelah itu baru kita tandatangani KSO-nya,” aku Aristo yang sudah menjabat Bupati Agam selama dua periode ini.

Jika KSO-nya sudah clear, tambah Aristo, baru dibuat site plan (rencana tapak) pembangunan dan revitalisasi pasar tersebut. Berikut dibuat juga master plan-nya. Tentu memudahkan perencanaan ini, Pemkab berharap kepada Pemerintah Nagari Padang Luar menyelesaikan pembebasan lahan di sekitar pasar yang ada sekarang ini.

”Kita berharap juga masyarakat yang berdomisili di sekitar pasar bisa bekerja sama, sehingga pembangunan pasar yang kita inginkan bisa diwujudkan,” tukasnya. Terkait pembiayaan, menurut Aristo bakal digandeng investor dan Pemkab sendiri juga mengalokasikan anggaran tersebut secara khusus.

Sementara itu Refdinal meminta kepada bupati untuk serius memberi perhatian terhadap pembangunan dan revitalisasi Pasar Padang Luar. Sebab, baik atau buruknya wajah Pasar Padang Luar, secara tidak langsung menandakan wajah Agam secara keseluruhan. “Kita harap Pemkab fokus menyelesaikan persoalan tersebut. Jangan nantinya masyarakat kecewa dan berpandangan lain terhadap Pemkab Agam,” ingatnya. (rdo)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s