Sipasan Lahirkan Tiga Rumusan

Gubernur dan Menteri
Gubernur dan Menteri

Agam, (ANTARA) – Silaturahmi Perantau Agam se-Nusantara (Sipasan 2008) melahirkan tiga rumusan untuk menggenjot pertumbuhan pendidikan, ekonomi dan kemiskinan. Tiga rumusan tersebut dinilai sampai saat ini masih belum maksimal sehingga sangat dibutuhkan peran orang rantau untuk bersama membangun.

Demikian diungkapkan Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi pada acara Sipasan di Muko-muko, Agam, Rabu (8/10).

Menurut Gamawan, paradigma pulang Kampung bagi orang rantau Minangkabau bukan hanya sekedar melihat kampung, melainkan partisipasinya sangat dibutuhkan dalam membangun nagari.

“Pemerintah mempunyai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengentaskan kemiskinan serta pertumuhan ekonomi. Tentunya peran orang rantau juga diharapkan bisa bekerja sama dalam mendukung dan menyelsaikan permasalahan di nagarinya,” tuturnya.

Masalah pendidikan, orang minang diakui banyak etnis memiliki kecerdasan yang cukup serta pengelolaan usaha yang tangguh. Jika pendidikan dan ekonomi di Sumbar lambat tentunya karakter orang minang sendiri mulai pudar.

“Kita punya banyak cendekiawan dan intelektual yang disegani, tentunya ini harus menjadi pedoman bagi orang minang untuk kembali melahirkan generasi yang pilihan seperti tokoh yang terdahulu,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Agam, Aristo Munandar, Bahwa Agam merupakan sentral Minangkabau karena sudah banyak melahirkan tokoh dan cendikiawan. Untuk mendorong Agam kembali bangkit sangat dibutuhkan peran dari orang rantau Agam yang tergabung dalam berbagai organisasi.

“Agam ini sudah banyak melahirkan tokoh intelektual dan pengusaha yang sukses. Semua itu mereka lakukan dengan kerja sama untuk membangun nagarinya dengan
banyak pengorbanan,” tuturnya.

Aristo mengharapkan, dengan terbentuknya organisasi perantau Agam yang akan dirumuskan, tentu akan membawa perubahan bagi Kabupaten Agam sendiri dari berbagai sektor.

“Harapan besar organisasi perantau Agam ini dapat membawa perubahan untuk Agam
sendiri,” harapnya. (iwan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s