Presiden Akan Anugerahkan Piala Citra Pelayanan Prima

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Taufik Effendi, Kamis, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 31 Oktober 2008, memberikan anugerah Piala Citra Pelayanan Prima (CPP) kepada 80 unit pelayanan publik instansi pemerintah terbaik di Istana Negara, Jakarta.

 

 “Anugrah ini diberikan pada mereka yang berprestasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai cambuk kepada instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat,” kata Menpan dalam konperensi pers di kantornya.

 

Diharapkan piala ini dapat mendorong motivasi kepada pejabat pemerintah ataupun instansi untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. “Dulu birokrasi suatu hal yang sangat menakutkan, karena rakyat harus mengeluarkan uang banyak untuk dapat pelayanan dan pengurusannya sangat panjang,” ungkap Taufik Effendi.

 

Kriteria pelayanan prima yang dimaksud adalah memiliki visi yang jelas atau visioner, berani melakukan perubahan, mengembangkan gagasan untuk meningkatkan pelayanan, transparan dan akuntabel, memberikan kemudahan, cepat dan murah. Menteri PAN mengharapkan masyarakat dapat benar-benar mendapatkan pelayanan yang merupakan haknya, baik di bidang kesehatan, pendidikan, perijinan, perpajakan, surat-menyurat dan sebagainya. 

 

Dalam kesempatan itu, Presiden juga akan menyerahkan piagam kepada 11 pimpinan instansi pemerintah yang dinilai telah melakukan kepeloporan dalam inovasi pelayanan prima. Selain piala, sebanyak 122 unit pelayanan publik yang telah melakukan pelayanan secara baik mendapatkan piagam penghargaan CPP.

 

Sejak tahun 1995 Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara memberikan Penghargaan Citra Pelayanan Prima yang dilakukan dua tahun sekali sebagai bentuk apresiasi kepada aparatur negara guna lebih mendorong dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu antara lain dilakukan melalui berbagai inovasi dan terobosan yang pada hakekatnya untuk mempermudah, mempercepat, dan meminimalkan biaya.

 

Diharapkan masyarakat dapat benar-benar mendapatkan pelayanan proporsional yang merupakan haknya, baik di bidang kesehatan, pendidikan, perijinan, perpajakan, surat-menyurat dan sebagainya. Dengan pelayanan yang baik, transparan, cepat, dan murah, juga diharapkan mampu memperbaiki iklim investasi di daerahnya. Keberhasilan unit pelayanan publik di suatu daerah/instansi juga diharapkan bisa diadopsi oleh daerah atau unit-unit lain.

 

Para penerima penghargaan CPP itu berasal dari 251 Unit Pelayanan Pemerintah (UPP) yang diusulkan oleh 15 Departemen, 4 Lembaga Pemerintah Non-Departemen (LPND), Kepolisian Negara RI, Kejaksaan Agung, 10 BUMN, dan 29 Provinsi seluruh Indonesia. Mereka merupakan UPP terbaik yang diusulkan kepada Tim Penilai Pusat. Tim ini yang terdiri dari unsur Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Perguruan Tinggi, dan Media Massa yang difasilitasi oleh Kementerian Negara PAN.

 

Tim Penilai Pusat selanjutnya menetapkan UPP dengan menggunakan instrumen yang telah diuji oleh lembaga-lembaga terkait. Hasil penilaian tersebut diumumkan kepada masyarakat luas melalui media massa guna mendapatkan masukan mengenai kelayakan untuk mendapatkan penghargaan Citra Pelayanan Prima. Hasil penilaian dan masukan masyarakat diolah dan diputuskan oleh Tim PANTUHIR yang melibatkan unsur non-pemerintah.

 

Penilaian UPP ini dititikberatkan pada pengembangan dan implementasi visi dan misi pelayanan prima; pengembangan sistem dan prosedur pelayanan, termasuk pengelolaan pengaduan yang efektif termasuk berfungsinya quality assurance dalam unit pelayanan publik tersebut sekaligus penerapan standar manajemen mutu ISO 9001 : 2000.

 

Selain itu juga pengelolaan dan penggunaan sumberdaya manusia serta penerapan budaya kerja organisasi dalam rangka menghasilkan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik; upaya memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana pelayanan untuk memberikan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan dalam pelayanan merupakan rangkaian penilaian guna mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Penilaian terhadap unit pelayanan publik pada dasarnya merefleksikan apa yang menjadi arah kebijakan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mendorong pertumbuhan ekonomi, perluasan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan. Hal tersebut sejalan dengan arah kebijakan pemerintah yang digariskan oleh Presiden, dalam menghadapi krisis ekonomi global.

 

Pemberian Piala tersebut sesuai dengan keputusan Menpan No:346/KEP/M.PAN/10/2008 tentang pemberian penghargaan Citra Pelayanan Prima Kepada Unit Pelayanan Publik Tahun 2008.Menurut, Menpan Taufik Effendi ke 80 unit yang akan menerima yakni;
1.
Kedutaan Besar RI Singapura.
2. Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur
3. Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Surabaya
4. Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar
5. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar I
6.
Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Bandung
7. Sekolah Menengah Analisa Kimia Padang
8.
Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia.
9. Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan.
10. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin.
11. Politeknik Kesehatan Semarang
12. Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar.
13. Kantor Pertanahan Kota Malang.
14. Kantor Samsat Jakarta Pusat dan Utara.
15. Unit pelayanan satpas Jakarta Timur
16. Unit Pelayanan STNK Samsat Bandung Timur.
17. Unit Pelayanan STNK Samsat Jakarta Timur.
18. Kantor Samsat Kota Jambi.
19. Kantor Samsat Kota Palembang
20. Kejaksaan Negeri Tanjung Pinang
21. PT PLN UPJ Surakarta
22. PT PLN Area Pelayanan Singaraja
23. PT PLN Cabang Bima
24. PT Taspen Kantor Cabang Utama Jakarta.
25.Plasa Telkon Kandatel Palembang.
26. Unit Pelayanan Peti Kemas Tanjung Emas Semarang.
27. Terminal Penumpang Jana Segara Sang Graha Pelabuhan Benoa Bali.
28. Badan Layanan Umum Rumah Sakit Dr.Fauziah Kabupaten Bireun.
29. Puskesmas Baktiya Kabupaten Aceh Utara.
30. Bank Sumut Cabang Utama Medan.
31. Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Serdang Bedagai.
32. Kantor Bersama Samsat Medan Selatan.
33. Balai Laboratorium Kesehatan, Provinsi Riau.
34. Kecamatan Ampat Angkat, Kabupaten Agam.

35. Puskesmas Pakan Kamis, Kabupaten Agam.
36. Rumah Sakit Umum Daerah Mayjen A Thalib, Kab. Kerinci.
37. Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu
38. Rumah Sakit Umum Daerah A. Yani, Kota Metro.
39. Puskesmas Pamulang, Kabupaten Tangerang.
40. Suku Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan Jakarta Pusat.
41.Puskesmas Tanah Sereal, Kota Bogor.
42. PDAM Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor.
43. Unit pelayanan perizinan terpadu Kota Cimahi.
44. Balai proteksi tanaman pangan dan Hortikultural Ciganitri.
45. Balai pengembangan laboratorium kesehatan, Provinsi Jawa Barat.
46. Puskesmas Larangan, Kota Cirebon
47. SMP Negeri I Cikarang, Kab. Bekasi.
48. SMA Negeri I Kota Bekasi
49. Kantor samsat wilayah II Semarang
50. RSUD Pandan Arang, Kab. Boyolali.
51. Puskesmas Jenggot, Kota Pekalongan
52. Puskesmas Salam, Kab. Magelang
53. SMKN 2 Kota Surakarta
54.
Unit pajak kendaraan bermotor, Kab. Seragen.
55. Puskesmas Ungaran, Kab. Semarang
56.
Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi Kota Semarang
57. Kantor pelayanan perijinan dan investasi, Kab. Purbalingga
58. Puskesmas Pandaan, Kab. Pasuruan
59. Kantor bersama Manyar, Kab. Surabaya Timur.
60. Puskesmas Sobo, Kab. Bayuwangi
61. RSUD Caruban, Kab. Madiun
62. Dinas Perijinan kota Malang
63. Kantor Bersama Samsat Malang Kota
64. RSUD Kanjuruhan, Kab. Malang
65. Dinas Perijinan Kota Yogjakarta
66. Puskesmas Depok II, Kab. Sleman
67. Bank Kalbar Cabang Sanggau
68. Puskesmas Tanjung Puri, Kab. Sintang
69. Kelurahan Gunung Bahagia Kota Balikpapan.
70. Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bontang
71. Badan Kepegawaian Daerah Kota Tarakan
72. Puskesmas Ulu Siau, Kec. Siau Timur, Kab Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.
73. Kec. Tabukan Selatan Tenggara, Kab. Sangihe
74. RSUD Tani dan Nelayan, Kab. Boalemo
75. RSUD Lamadukelleng, Kab. Wajo
76. Puskesmas Poasia Kota Kendari
77. PDAM Kab.
Badung, Prov. Bali
78. Kantor bersama Samsat Klungkung
79. Puskesmas Dompu Barat, Kab. Dompu
80. Puskesmas Sape Selatan, Kab. Bima.
Para penerima akan memperoleh penghargaan ini langsung dari Presiden Yudhoyono.
(*)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s