Agam Raih Tiga Penghargaan MenPAN

Taruna Akabri
Taruna Akabri

Lubukbasung, Padek—Pemkab Agam kembali menuai sukses. Komitmen peningkatan pelayanan publik kembali diakui pemerintah pusat. Ini dibuktikan dengan diberikannya penghargaan metode manual layanan praktis publik oleh MenPAN RI Taufik Effendi kepada Pemkab Agam yang diterima Bupati Aristo Munandar.

Selain itu juga diraih piala citra pelayanan prima untuk Kecamatan Ampek Angkek dan citra pelayanan prima untuk Puskesmas Pakan Kamih, Kecamatan Tilatang Kamang. Tiga penghargaan yang disabet Pemkab Agam itu, merupakan satu-satunya daerah yang dinilai berhasil oleh pemerintah pusat untuk Sumbar.

Pemkab Agam dinilai sukses memberi bukti nyata dalam konteks pelayanan publik, bukan sekadar wacana di atas kertas. Masyarakat Agam sendiri menyambut suka cita tiga penghargaan tersebut. Bupati Aristo Munandar kemarin mengarak penghargaan itu ke seluruh wilayah Agam. Mulai Tiku, perbatasan Agam-Padang Pariaman-Lubukbasung-Maninjau sampai ke Banuhampu-Ampek Angkek-Tilatang Kamang dan Baso.

Malah di Lubukbasung, Bupati Agam Aristo Munandar mendapat kejutan khusus dengan pengalungan bunga oleh Taruni Latsitardanus 2008 di depan kantor Camat Lubukbasung didampingi Camat Bambang Warsito dan Komandan Yonif HIU Latsitardanus Agam Mayor (Mar) Umar Farouk. Kesenian tambua tansa di sepanjang ruas jalan Lubukbasung-Maninjau turut mewarnai arak-arakan ini.

Bupati Agam Aristo Munandar dikalungi karangan bunga oleh Taruni Latsitardanus dalam prosesi penyambutan penghargaan pelayanan dari MenPAN di Lubukbasung, kemarin. Ikut dalam rombongan ini, Camat Lubukbasung Bambang Warsito dan Komandan Yonif Hiu Latsitardanus Agam Mayor (Mar) Umar Farouk.

Bupati Aristo Munandar kemarin menyatakan, penghargaan itu merupakan keberhasilan dari komitmen pelayanan seluruh aparatur Pemkab Agam kepada masyarakat.

Pembenahan pelayanan sebutnya, sudah mulai dilakukan sejak tahun 2000 lalu. Sejak 2004 sebutnya, beberapa pilot project pembenahan pelayanan sudah dilakukan seperti di Kantor Camat Ampek Angkek, Puskesmas Pakan Kamih, Kantor Bupati Agam dan di seluruh kantor camat. Dan, Alhamdulillah kata dia, sekarang sudah memperlihatkan perubahan yang signifikan.

”Butuh waktu panjang untuk merealisasikan prestasi ini. Penghargaan pemerintah pusat yang kita peroleh ini, sepenuhnya untuk aparatur Pemkab Agam di seluruh SKPD. Kami selaku pimpinan pemerintah sangat berterima kasih,” kata Aristo Munandar. Selain itu dia juga mengapresiasi pers yang selalu memberikan kritikan terhadap mutu layanan pemerintah. Menurut dia hal itu menjadi motivasi tersendiri bagi Pemkab Agam untuk selalu berbenah dan membuat perubahan. (men)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s