M Natsir Kebanggaan Rang Agam

Moh. Natsir
Moh. Natsir

Lubukbasung, Padek—Kabupaten Agam memperoleh dua anugerah dari pemerintah pusat. Pertama, dianugerahinya M.Natsir putra jorong Pasa Maninjau, nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam gelar pahlawan nasional. Kedua, Bupati Agam Aristo Munandar menerima anugerah pelayanan prima bersama Camat Ampek Angkek dan Kepala Puskesmas Pakan Kamih, Tilatang Kamang oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“Dalam pekan ini, Kabupaten Agam dan masyarakat dilimpahkan anugerah oleh Allah. Pasalnya, pada momen yang nyaris sama berbagai penghargaan diberikan pada kabupaten Agam. Momen bersejarah itu, menjadi kekuatan luar biasa bagi masyarakat dan Pemkab Agam dalam memacu berbagai kegiatan penting di tengah masyarakat,” kata Aristo Munandar seraya mengatakan juga kebanggaan luar biasa buat masyarakat Sumatera Barat.

Tak Ada Prosesi Khusus

Di Maninjau, walau tidak ada prosesi khusus, namun masyarakat setempat bersyukur dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional pada sosok M.Natsir. Camat Tanjung Raya Kurniawan Syahputra menyebutkan bagi warga Maninjau sosok Buya M.Natsir adalah teladan dalam berbagai hal.

Penganugerahan gelar pahlawan itu jadi catatan sejarah dan melengkapi kebanggaan masyarakat salingka danau Maninjau yang selama ini memang dikenal sebagai sumber pemikir dan pahlawan nasional di berbagai disiplin ilmu.

Dilain pihak, pasca penganugerahan gelar pahlawan nasional pada M.Natsir dirangkai dengan “gelar pahlawan pelayanan masyarakat “ yang diterima bupati Agam Aristo Munandar dari Presiden SBY, dijadwalkan Senin (10/11) akan digelar prosesi khusus puncak peringatan hari pahlawan yang disiapkan cukup luar biasa.

Pasalnya, peserta upacara tak hanya para PNS, tapi juga menghadirkan berbagai elemen masyarakat, pemuda, para veteran perang yang tergabung dalam DHD 45-Agam termasuk seluruh personil Latsitardanus 2008 yang kini menggelar kegiatan di kabupaten Agam. (men)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s