Anggaran Pendidikan Agam 38 Persen, Bupati: Upaya Peningkatan SDM

Jakarta, Padek—Pemkab Agam mengalokasikan anggaran untuk pendidikan tahun 2009 mendatang sebesar 38 persen. Dengan rincian 22 persen dari total anggaran dikonsentrasikan untuk kegiatan pendidikan di seluruh SKPD di Pemkab Agam, sedangkan sisanya dialokasikan untuk gaji, tunjangan daerah dan lainnya.

Alokasi anggaran ini bisa dikatakan jauh melampaui ketentuan nasional, sebesar 20 persen. Ini setidaknya sebagai realisasi dari komitmen Pemkab Agam dalam mendukung kegiatan pendidikan di Agam. Diharapkan, seluruh dana yang dialokasikan untuk kegiatan pendidikan dan peningkatan mutu SDM di Agam tersebut bisa berjalan optimal sepanjang tahun 2009.

Hal ini dijelaskan Bupati Agam Aristo Munandar kepada Padang Ekspres di mess Pemkab Agam di Cipinang Jaya, Jakarta kemarin. Menurut Aristo, Pemkab Agam sangat konsisten dalam upaya peningkatan SDM. Bahkan sejak tujuh tahun terakhir, pihaknya telah menjadi pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan.

”Selain pendidikan, dalam APBD 2009 nanti kita juga memprioritaskan agenda penting yang akan dilaksanakan, seperti penyelenggaraan Pemilu, Porprov XI Sumbar, penanggulangan kemiskinan, program BMT dan pelayanan publik,” jelas Aristo Munandar.

Secara spesifik lanjutnya, akan digarap berbagai program sesuai alokasi anggaran yang sudah disahkan DPRD Agam beberapa hari lalu. Pihaknya mengharapkan, hal itu betul-betul efektif dalam upaya mendorong peningkatan sektor pendidikan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

”Alokasi anggaran sebesar 22 persen untuk kegiatan pendidikan itu, tak hanya terkonsentrasi di Dinas Pendidikan saja, tapi tersebar di berbagai SKPD. Sasaran kita di sini adalah, untuk membangun sinergisitas dan kekuatan bersama terhadap program pendidikan itu sendiri. Dukungan bersama tentunya akan memberi hasil optimal bagi Agam dalam memacu prestasi pendidikan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Agam Prof Sufyarma Marsidin menambahkan, alokasi anggaran pendidikan melebihi target nasional tersebut sudah dilakukan direalisasikan Pemkab Agam sejak beberapa tahun terakhir.

”Itu sebagai bukti besarnya dukungan bupati dan DPRD Agam terhadap dunia pendidikan,” tukas Sufyarma Marsidin.

Komitmen dan dukungan terhadap alokasi anggaran pendidikan itu, sejak awal telah ditegaskan jajaran Fraksi Partai Golkar DPRD Agam. Seperti yang disampaikan Ketua Fraksi Golkar Arman J Piliang dan Sekretaris Fraksi Zakiruddin. Sebagai fraksi terbesar di DPRD Agam, pihaknya akan memberi dukungan terhadap beberapa item alokasi anggaran khusus untuk bidang pendidikan. (HARMEN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s