BMT Maksimalkan Fungsi Masjid

Agam, Padek—Menteri Koperasi dan UKM, Surya Dharma Ali mengakui langkah Bupati Agam Aristo Munandar ‘membumikan’ BMT adalah upaya yang seharusnya dilakukan seorang kepala daerah, untuk mengangkat nilai partisipasi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi mereka. Upaya tersebut seharusnya dilakukan seorang gubernur, sehingga dampaknya dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota.

”Saya yakin, jika langkah menghidupkan ekonomi masyarakat melalui peran BMT, tidak akan ada lagi keluarga miskin yang terus terpuruk akibat kesulitan modal. Apalagi upaya menghidupkan BMT di Agam ini memberdayakan masjid serta ninik mamak, sehingga semakin mengembangkan peran masjid serta tokoh adat dalam perbaikan kesejahteraan,” kata Surya Dharma Ali.

Hal tersebut ditegaskan Surya Dharma Ali saat peletakan batu pertama pembangunan Tempat Praktek Keterampilan Usaha (TPKU) Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia Ampek Angkek Agam, Kamis (5/3). Beranjak dari langkah tersebut, Surya Dharma berharap agar BMT betuk-betul dikelola secara Islami dengan memaksimalkan peran masjid, alim ulama dan tokoh masyarakat.

”Kita ingin agar masjid hanya dijadikan tempat shalat dan mengaji. Pintunya dibuka sebelum garin mengumandangkan adzan, dan ditutup kembali setelah jamaah pulang. Alangkah indahnya jika di masjid dibicarakan upaya pengentasan kemiskinan, melibatkan peran tokoh adat dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Dalam paparannya Bupati Agam Aristo Munandar menjelaskan, saat ini 14 BMT yang telah didirikan mampu menyerap sekitar 6.599 orang tenaga kerja, dengan 600 lebih tenaga lapangan. Bahkan nilai aset BMT yang semula distimulan sebesar Rp4,4 miliar, sekarang telah berkembang mencapai Rp8,2 miliar dalam tempo setahun.

”Bahkan gerakan BMT ini dikendalikan oleh anak-anak muda yang enerjik, penuh inovasi dan improvisasi, sehingga sangat menyentuh apa yang diperlukan masyarakat. Hal ini juga sebuah upaya agar generasi muda tidak saja berburu pekerjaan formal, tapi mengarahkan agar pekerjaan yang mereka lakukan adalah yang paling bermafaat bagi masyarakat di sekitarnya,” sebut Aristo. Setelah berkunjung ke Ponpes Modern Diniyyah Pasia Ampek Angkek, Surya Dharma Ali juga melihat dari dekat BMT Batu Taba. (ari)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s