Dialog

Dialog padangkini.com
Dialog padangkini.com

Mulai 2009 Pelayanan Prima untuk Semua Kantor Camat dan Puskesmas

 

Penghargaan apa saja yang baru diperoleh Agam?

Agam memperoleh dua penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima 2008 yang diserahkan langsung Presiden SBY. Pertama untuk Kecamatan Ampek Angkek Canduang dan kedua untuk Puskesmas Pakan Kamis Tilatang Kamang.

Sedangkan saya mendapat piagam penghargaan atas penerapan metoda berbasis partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi. Di Indonesia hanya dua yang dapat, Agam dan Jombang dalam kategori peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Apa bentuk pelayanan di kantor camat?

Sekarang di kantor Camat Ampek Angkek Canduang di Agam itu sudah berubah wajahnya, tidak seperti kantor camat biasa, sudah wajah pelayanan. Di depannya ada tempat duduk, masyarakat yang menunggu diberi minum sambil nonton TV. Ini meamng percontohan, dan ini akan kita kembangkan awal tahun depan untuk seluruh kantor camat. 

Di Puskesmas?

Kalau di Puskesmas Pakan Kamis, pertama bentuk pelayanannya, mereka melaksanakan begini, saat pasien datang mereka diarahkan kemana bisa berobat, persoalannya apa ada lagi yang melayani. Kedua harganya murah, pelayanan yang baik dengan harga murah pasti orang mau berobat ke sana. 

Karena pelayanan baik, membawa dampak pada pendapatan. Periksa kolesterol hanya Rp5 ribu. Coba bandingkan di luar, di Bukittinggi saja Rp50 ribu. Akhirnya orang kan ramai ke sana, pendapatan Puskesmas itu dari Rp3 juta per bulan menjadi Rp12 juta.

Ini memang model pemerintahan yang harus kita terapkan untuk ke depan. Jadi menurut saya yang diubah ini mendasar. 

Dengan adanya penghargaan ini kita ingin menjadikan motivasi bagi seluruh aparatur di Agam. Kita berharap mulai 2009 semua Puskesmas dan Kantor Camat akan melaksanakan seperti ini dan nanti pada 2010 seluruh SKPD yang ada di Kabupaten Agam menerapkan sistem partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pelayanan. Sehingga pelayaan untuk masyarakat kita berikan yang terbaik. 

Dan itu memang  telah kita persiapkan. Seperti seluruh dokter di Puskesmas telah kita tatar, camat sudah kita tatar. Dan mereka telah melakukan survei terhadap pengaduan masyarakat. Kita berharap hasi survei ini segera dikumpukan, agar program segera kita susun segera. Jadi 2009 mulai jalan. 

Apakah pemeritah Agam telah menerapkan good governance seperti yang pernah dilakukan Gubernur Gamawan Fauzi waktu jadi Bupati Solok?

Ya, kami sudah lama menerapkan itu. Ini kan dalam rangka penerapan good governance. Kan lebih transparan, pelayanan ditingkatkan, akuntabel, sebab begini, kalau pergi ke kantor Camat Ampek Angkek itu apa pengaduan masyarakat di tempel di luar, ini yang jelek, ini yang lemah, lalu programnya apa, masyarakat dikasih tahu apa program yang akan mereka buat. 

Bahkan mengurus KTP saja sudah online. Masyarakat cukup datang ke kantor wali nagari, karena sudah online, langsung diproses 12 menit di kantor camat. Setelah selesai setiap hari ada dua petugas kantor camat yang berkendaraan yang dilengkapi kota khusus untuk pelayanan ke masyarakat dan mengantar KTP yang sudah siap itu ke kantor wali nagari. (yanti) 

)* Aristo Munandar adalah Bupati Agam, wawancara 3 November 2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s